Event

Chit Chat with Zachary Haris Ong

_WGP6123mpc

“The First Malaysian President Elect of the ico-D” itulah posisi luar biasa yang dipegang oleh Zachary Haris Ong. Pengalaman panjangnya di bidang Graphic Design telah menghantarkan presiden dari wREGA ini menuju posisi yang lebih istimewa, yaitu presiden dari International Council of Design atau ico-D.

Dalam acara Chit Chat yang dilangsungkan pada hari Kamis (10/3) di Sunset Limited Cafe ini, Zach berbagi cerita dan pengalamannya mengenai profesi desainer grafis di Malaysia yang tentu penuh inspirasi.

Tujuan Zach adalah mengubah industri desain ke tahapan selanjutnya. Cita-citanya adalah untuk membuat dunia ikut berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari kekuatan desain untuk kualitas hidup yang lebih baik. Kemanapun dia pergi, kemanapun dia melangkah, dengan siapapun dia berbicara, Zach ingin membuat perubahan dari sekarang.

Dahulu kala, cabang desain baik itu grafis, arsitektur, interior, ataupun yang lainnya tidaklah berbicara satu sama lain. Namun Zach kemudian melihat sebuah peluang dimana seluruh cabang dapat bersatu di bawah satu payung yang sama, bekerja sama untuk membuat sebuah perubahan bagi negaranya.

Pembicaraan semakin seru saat membahas tentang sertifikasi. Topik yang dibahas mencakup apa itu kegunaan sertifikasi, mengapa sertifikasi desainer berbeda dengan sertifikasi dari dokter, pengacara, dan lainnya, bagaimana pengaruh sertifikasi dalam pertimbangan klien, hingga cara mendapatkan sertifikasi yang sangatlah sulit.

“I have one wish. My wish is for young designers to stake up, step up and become leaders. Better than me, because your time will be different than me. My wish is for young designers to step up being leaders, go out there, outside of work, outside of design work, to make impact to the world.” – Zach Haris Ong

Jurnalis: Eric Kristanto

Editor: Areta Selena

Fotografer: Winson Suryadi