Event

ICAD 07: Seven Scenes

img_0363

Indonesia Contemporary Art & Design (ICAD) kembali menggelar pamerannya yang ketujuh. Pameran dibuka dari tanggal 7 Oktober hingga 7 Desember 2016 di Grand Kemang Hotel, Jakarta.

Mengusung tema ‘Seven Scenes’, tujuh orang insan kreatif berkolaborasi menghasilkan kreativitas seni dan desain yang mengagumkan. Dilatarbelakangi oleh banyaknya perubahan bentuk dan struktur kota di berbagai daerah di Indonesia setelah Reformasi, ICAD 2016 mengajak tujuh insan kreatif ini untuk membayangkan kondisi ideal dari tempat mereka hidup dan bersosialisasi. Mereka adalah Agung Kurniawan (Seni Rupa), Budi Pradono (Arsitektur), Eko Nugroho (Seni Rupa), Hermawan Tanzil (Desain Grafis), Oscar Lawalata (Desain Tekstil), Tita Salina (Urban Play), dan Tromarama (Videografi).

Masing-masing mereka mengekspresikan karyanya dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang secara langsung menyasar persoalan melalui bingkai memori kolektif masyarakat, dan ada pula yang menyajikan karyanya secara metafora untuk merespon konteks sosial-politik yang menghiasi perubahan-perubahan masyarakat Indonesia kontemporer.

Salah satunya adalah karya Hermawan Tanzil yang berjudul Kemang RT/RW. Karya ini hendak bercerita secara khusus tentang bagaimana kehidupan masyarakat Betawi saat hijrah dari Sunda Kelapa pada tahun 1950an dan bagaimana Jenderal Gatot Subroto membuka akses menuju Kemang untuk pertama kalinya, hingga kini dapat menjadi wilayah strategis.

Kemang RT/RW Karya Hermawan Tanzil
Kemang RT/RW Karya Hermawan Tanzil

ICAD 2016 diselenggarakan selama kurun waktu 2 bulan. Disamping pameran utama, juga akan diadakan beberapa acara pendukung lain seperti art convention, design convention, film convention, mini theatre, fringe events, dan workshop-workshop seni.

img_0370 img_0363 img_0312 img_0339-1 img_0346 img_0389

Fotografer: Tresna Krisnadi